Tuesday 20 November 2018

Contoh Program Penjualan Sederhana dengan PHP tanpa Database






Kesempatan kali ini titikk0ma akan memberikan tutorial contoh Program Penjualan menggunakan pemograman PHP yang masih sangat-sangat sederhana, karena memang artikel ini dikhusukan bagi para pemula yang ingin belajar pemograman PHP, bukan PHP in pasangannya lo ya... :)..


Langsung saja menuju Teks Editor masing-masing, yang perlu dipersiapkan pastikan anda sudah menginstal Teks Editor, Web Server, dan Browser tentunya.
Jika belum ada :

Download Notepad++ DiSini
Download Sublime Text 3 DiSini
Download Xampp DiSini

1. Silahkan jalankan web server terlebih dahulu.

2. Selanjutnya, buat folder project didalam C:\\xampp\htdocs\nama_project, misal nama foldernya penjualan, C:\\xampp\htdocs\penjualan.

3. Buat file index.php didalam folder project yang dibuat tadi, Berikut scriptnya:
script
4. Yang terahir buat file prosesnya proses.php, berikut scriptnya:
proses
Baris 3-5 merupakan variabel penampung data yang dikirim dari file index.php.

Baris 7 mencari jumlah harga sesuai dengan jumlah barangnya.

Baris 9-13 adalah kondisi mencari diskon, dengan ketentuan total yang di hitung Besar Sama dengan 200.000,00 maka akan mendapatkan diskon 5% atau 0.05, selain itu berarti jika total yang dihitung kurang dari 200.000,00 maka tidak akan mendapatkan diskon atau 0.

Baris 15, untuk menentukan berapa harga yang harus dibayarkan, apakan dapat diskon atau tidak.

Cara di atas hanya contoh yang masih sangat-sangat sederhana dan belum menggunakan database, semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin di pertanyakan silahkan tinggalkan komentar dikolom yang sudah disediakan

No comments:

Post a Comment