Tuesday 12 March 2019

CRUD Upload File Menggunakan Codeigniter Part 1

Pada kesempatan kali ini titikK0ma.blogspot.com akan memberikan tutorial bagaimana cara upload file dengan cara menggunakan Framework CODEIGNITER. Untuk versi Frameword yang digunakan yaitu 3.1.6, rekan-rekan bisa menggunakan versi lain asalakan tetap versi 3 karna CODEIGNITER ada versi 2.x.x dan yang terbaru sekarang CODEIGNITER versi 4 namun masih alpa.

Download Notepad++ DiSini
Download Sublime Text 3 DiSini
Download Xampp DiSini
Download CodeIgniter 3.1.6 Disini

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Pastikan rekan-rekan sudah menjalankan aplikasi Xampp, dan aktifkan bagian Apache dan MySql.

2. Buat Database terlebih dahulu beserta tabelnya, Untuk tabel yang admin buat terdiri dari 3 kolom ( id_file, nama_baru, nama_ori).

3. Selanjutnya extrak Codeigniter nya, kemudian hasil extrak tadi di pindahkan ke dalam lokasi C:\\xampp\htdocs\pindah_keesini. jangan lupa ganti nama folder Codeignternya dengan yang lebih mudah misal namanya uppload-file. Lalu coba buka browser dan ketikan di address bar localhost/nama_projec_rekan_rekan atau 127.0.0.1/nama_project_rekan_rekan. jika berhasil tampilanya akan seperti berikut:
4. Selanjutnya lakukan configurasi padaCodeigniternya.
 - Masuk ke project rekan-rekan, buka file autoload.php => application/config/autoload.php pada bagian $autoload['libraries'] = array() ubah menjadi $autoload['lbraries'] = array('database').
 - Masih di dalam folder config buka file config.php.  $config['base_url'] ='' ubah menjadi $config['base_url'] = 'url project rekan-rekan' misal $config['base_url']='127.0.0.1/b/ci_upload_file sesuaikan dengan yang rekan-rekan buat.

5. Masuk folder application/controllers buka file Welcome.php. tambahkan function __construct() dan ubah funciton index nya. hasilnya seperti berikut:
Baris 6, adalah fungsi yang pertama kali dijalankan ketika class itu terpanggil.

Baris 8, pemanggilan library upload yang terdapat pada Codeigniter, agar bisa melakukan upload file. library ini wajib di panggil ketika kita melakukan upload file. library form inin berfungsi agar penulisan form nanti lebih simple.

Baris 9, pemanggilan helper url agar base_url yang disetting sebelumnya bisa di gunakan. ini juga wajib karna base_url nanti sangat dibutuhkan untuk melink kan dari view ke controller agar lebih mudah.

Baris 13, kita membuat variabel $res yang nilanya berupa array(). kemudian membuat index res yang nilanya perintah memanggil tabel $this->db->get('nama_tabel')->result();

Baris 14, memanggil view yang bernama upload file, namun extensi filenya tidak perlu di tulis cukup nama filenya saja. lalu kita mengirim vaariabel $res ke view untuk menampilkan data dari tabel yang di panggil.

6. Masuk ke folder application/views lalu buat file upload_file.php. buat script seperti berikut:

Baris 36,41,47 ini adalah penulisan form jika menggunakan aturan Codeigniter. sebenarnya sepeerti kita membuat form biasa dengan tag HTML. ini hanya memanfaatkan library form dari Codeigniter agar penulisan lebih simple.

Baris 23, melakukan perulangan data. $res didapat dari index yang sudah di set pada Controller Welcome. $res = ['res'=>........]; $res baris 23 di view upload_file.php di dapat dari  res  di controller Welcome baris 13, ingat res bukan $res. res pada welcome baris 13 harus sama dengan $res upload_file.php baris 23.

Baris 28, 'index.php/welcome/edit/'.$data->id_file, $data->id_file adalah id file yang akan dikirim ke controller welcome function edit($id). setelah dikirim ke controller welcome function edit($id) nilai dari $data->id_file akan di simpan pada parameter $id function edit($id).  untuk editnya akan dibahas pada tutorial selanjutnya.

Part 2 bisa dilihat Disini.
Part 3 bisa dilihat Disini
Part 4 bisa dilihat Disini


Sekian dulu CRUD Upload File Menggunakan Codeigniter semoga bermanfaat. Jika ada yang dipertanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah.
Terimakasih selamat mencoba....

4 comments: