Tuesday 12 March 2019

CRUD Upload File Menggunakan Codeigniter Part 3

Pada kesempatan kali ini titikK0ma.blogspot.com akan melanjutkan tutorial tentang CRUD File Menggunakan CODEIGNITER . Pada bagian ini adalah part yang ke 3. Pada bagian ini yang di bahas tentan update data file.
Berikut langkah-langkahnya:

Download Notepad++ DiSini
Download Sublime Text 3 DiSini
Download Xampp DiSini
Download CodeIgniter 3.1.6 Disini

1. Buat function baru misal edit(). Berikut scriptnya:
Baris 37, Proses pemanggilan data ke database berdasarkan id tertentu. Pada function edit($id), $id adalah parameter penampung dari id yang akan dikirim dari view upload_file.php tepatnya pada baris 28.

Baris 38, proses pemanggilan view edit_file.php, ['res'=>$res] adalah proses pengiriman data yang sudah didapatkan berdasarkan id tertentu.

2. Buat file edit_file.php pada folder views. Berikut scriptnya:
Baris 16, 'welcome/update/'.$res[0]['id_file']. untuk $res[0]['id_file'] adalah id_file yang didapat dari pengiriman data pada baris 38 untuk nama id_file sesuai dengan kolom pada database, lalu $res[0]['id_file'] yang sudah di terima akan dikirim lagi ke controller welcome function update.

3. Selanjutnya buat funciton update($id), Scriptnya sebagai berikut:
Baris 41, funciton update($id), $id adalah paramenter penampung dari  data yang dikirim dari view edit_file.php tepatnya di baris 16 'welcome/update/'.$res[0]['id_file'].

Baris 57-59, proses hapus file yang berada pada folder file yang posisinya sejajar dengan folder application,system, user_guide.

Part 1 bisa dilihat Disini
Part 2 bisa dilihat Disini
Part 4 bisa dilihat Disini

Itulah CRUD upload file Menggunakan Codeigniter Part 3. Jika ada yang dipertanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah.

Terimakasih sudah mampir semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment