Thursday 1 March 2018

Aplikasi Sederhana Kalkulator Untuk Pemula




Pada kesempatan kali ini titikk0ma.blogspot.co.id membahas mengenai Program Hitung Kalkulator sederhana dengan menggunakan Bahasa Pemograman PHP. Sebelumnya pastikan anda sudah mengistal alat-alat yang dibutuhkan seperti teks editor, web server, dan pastikan sudah ada browser yang sudah terinstal di komputer pembaca.
Teks editor tergantung pembaca suka yang mana Sublime Text, Notepad++, Dreamwaver, atau yang lainya ???, untuk web server biasanya Xampp, Nginx atau Wamp karna dua web server tersebut yang banyak digunakan.

Download Notepad++ DiSini
Download Sublime Text 3 DiSini
Download Xampp DiSini

Langsung saja pada pembahasan pembuatan Aplikasi Sederhana Kalkulator untuk pemula.

1. Buat sebuah folder baru kalkulator di directory C:/xampp/htdocs/kalkuator. Disini titikk0ma.blogspot.com menggunakan web server Xampp. Selanjutnya buat file baru index.php, berikut isi file dari index.php


2. Selanjutnya Kita buat file untuk prosesnya yaitu proses.php dan letakkan di dalam folder kalkulator, kodenya adalah sebagai berikut
Baris 3-7 merupakan proses pembuatan variable, yang mana $_POST['angka1'], $_POST['angka2'] dan $_POST['operator'] didapat dari name Textfield pada form, kemudian $_POST['angka1'] disimpan pada variabel $angka1, $_POST['angka2'] disimpan di variabel $angka2, dan $_POST['operator'] disimpan pada variabel $operator. Untuk variabel $proses dan $simbol kita seting atau kita kasih nilainya ' ' (nilainya adalah kosong bukan nol).

Baris 10-28 adalah proses Logic atau pengkondisian di tandai dengan if dan elseif,
 1. Kondisi pertama Baris 10 berfungsi untuk mengecek apakah Textfield variabel $angka1 dan variabel $angka2 kosong, jika keduanya kosong maka kode tersebut yang akan dijalanan dan yang lainya akan di abaikan,
 2.  Kondisi kedua Baris 16 berfungsi untuk mengecek apakah  variabel $angka1 saja yang kosong, jika hanya variabel $angka1 yang kosong maka kode ini yang dijalankan dan yang lainya akan di abaikan.
 3. Kondisi ketiga Baris 22 berfungsi untuk mengecek apakah  variabel $angka2 saja yang kosong, jika hanya variabel $angka2 yang kosong maka kode ini yang dijalankan dan yang lainya akan di abaikan.
4. Baris 28, adalah kondisi dimana jika nilai dari variabel $angka1 dan variabel $angka2 ada, atau pada Form input Textfield yang mempunya name angka1 dan name angka 2 di isi angka

Baris 29-41, adalah kondisi untuk menentukan apakah operatornya Kali, Bagi, Tambah, Kurang,
 1. Kondisi pertama Baris 29 adalah kode jika operatornya kali, kata kali didapat dari name pada tag <option value="kali">*</option> yang berada pada tag <select>, kondisi ini akan dijalankan ketika kita memilih operator kali atau *.
 2. Kondisi ke Dua Baris 32 dan seterusnya sama seperti kondisi pertama hanya value dari tag <option> yang berbeda

Jika berhasil maka tampulanya akan seperti berikut :









Untuk Download program Kalkulator silahkan Klik DiSini

Itulah sedikit banyaknya tentang Tutorial Pembuatan Aplikasi Sederhana Kalkulator Untuk Pemula, jika ada yang dipertanyakan silahkan komentar pada kolom komentar, dan jangan lupa kritik dan saran pembaca untuk www.titikk0ma.blogspot.co.id agarkedepanya bisa terus memberikan artikel-artikel yang bermanfaat bagi pembaca.
Terima kasih sudah mapir...


No comments:

Post a Comment