Sunday 4 March 2018

Tutorial Membuat Aplikasi Vooting Sederhana Menggunakan Pemograman PHP dan Database MySql



Selamat Pagi Selamat Siang Selamat Sore Selamat Malam...(^_^), apa kabar ??? baik ??? alhamdulillah titikk0ma.blogspot.co.id juga dalam keadaan yang baik dan semoga kita selalu mendapat Ridho dan Kesehatan dari yang Maha Kuasa.

Sudah sampai mana belajar Pemograman PHP nya ??? kira-kira gimana dampak dari Pemograman PHP bagi tubuh kalian terutama untuk pikiran, apa asik? senang? sedih? menyakitkan? menyiksa? atau mendapat Tamparan manis dari ceweknya gara-gara PHP..?? dapat tamparan ??  selamat atas keberhasilan anda.. wkwkwkwk.. just kidding (^_^)(^_^).... begitulah ya apapun yang kita lakukan atau kerjakan untuk mendapatkan sesuatu yang kita harapkan memang kadang-kadang butuh pengorbanan yang WOW pangkat WOW, meskipun hasilnya kadang mengecewakan dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bekerja keras belum tentu apa yang di harapkan tercapai, orang yang kerjanya setengah setengah kadang melah berhasil dan mendapat apa yang diinginkanaya dan kadang kita merasa hidup itu gak adil. Ya... itulah hidup, penuh misteri dan teka-teki silang (^_^)(^_^).

Boss : Kok malah curhat,,!!!! Pripon titikk0ma.blogspot.co.id, kok malah nyasar dari topik !!!
Admin : Sorry Boss... Ok baiklah poro sedoyo sekalian,.,.,
Boss : Kok malah boso jowo !!
Admin : Yo wes Yo wes, ehem ehem.. testing testing , Ok baiklah para hadirin sekalian..
Boss : Siiippp...

Langsung saja ketopik Tutorial Membuat Aplikasi Vooting Sederhana Menggunakan Pemograman PHP dan Database MySql, karna saya tegur oleh Boss saya.
Vooting, apa ya...??? ada yg tau?? gak ada, Jadi Vooting itu proses pengambilan banyak suara biasanya dilakukan saat PEMILU(PeMiLihan Umum) atau juga bisa pemilihan ketua kelas di sekolah siapa suara terbanyak dialah pemenangnya,dan Vooting hanya bisa dilakukan satu kali suara tidak boleh dua kali.

Mari langsung saja ke proses pembuatan aplikasinya berbasis Web. Seperti biasa bahan-bahan atau aplikasi yang dibutuhkan harus ada, jika belum ada bisa didownload di bawah ini:

Download Notepad++ DiSini
Download Sublime Text 3 DiSini
Download Xampp DiSini

1. langkah pertama buat Databasenya terlebih dahulu, b_vooting adalah nama database yang titikk0ma.blogspot.co.id buat, selanjutnya buat 2 tabel (tabel user dan tabel vooting)
Tabel user kolomya sebagai berikut :
  id_user (int)
 nama (varchcar => 50)
 username (varchar => 50)
 password (varchar => 30).

Tabel vooting kolomnya sebagai berikut :
 id (int)
 bhs_pemograman (varchar => 30)
 id_user (int).

2. Buat folder project baru di C:\xampp\htdocs, sebagai contoh C:\xampp\htdocs\b\vooting

3.Kemudian buat file index.php sebagai tampilah utama, berikut Scriptnya :
Baris 29 melakukan require_once memanggil file koneksi.php sehingga seolah-olah script atau kode yang berada di file koneksi.php berada pada file index, tapi kode itu di gantikan dengan cukup memanggil nama fileny saja dengan require, require_once, include, atau include_once tergantung selera.

Baris 30, perintah query untuk memanggil data berdasarkan data pada kolom bhs_pemograman, seperti java, php, javascript, pyhton, atau ruby. Gunanya untuk mengetahui berapa suara yang memilih Bahasa Pemograman tersebut.

Baris 31, setelah proses pemanggilan data kemudian data tersebut di fetch_assoc(), atau fetch_array(),
karna jika tidak menggunakan fetch_assoc() atau fetch_array() data tidak bisa ditampilka di browser.

Baris 34 sebenarnya sama dengan 30, hanya saja kita langsung menggunakan perintah count() pada query dan 'bhs_pemograman' adalah nama kolom yang akan di hitung datanya atau di count(), tapi jangan lupa tambahkan alias atau AS sebagai nama pengganti dari kolom yang di tampilkan seperti contoh di atas count('bhs_pemograman') AS c yang artinya kolom bhs_pemograman namanya di ganti atau disamarka menjadi c.

Baris 42 adalah proses menampilkan data atau pembuktian data itu bener tampil atau tidak dengan perintah echo count($res1['bhs_pemograman']), bhs_pemograman adalah nama kolom yang ditampilkan dari query pada Baris 30 dan count() adalah proses untuk menghitung data yang ada sehingga yang tampil datanya berupa angka atau jumlah data.
Kemudian untuk link filenya vooting.php?nama=java, adalah proses pembuatan method GET, nama adalah nama method GET dan java adalah nilai dari nama methodnya dan begitu juga yang lainya.

Baris 44 sama seperti baris 42, karna di query nya sudah menggunkan perintah count() maka saat pemanggilan kolomnya cukup memanggil nama aliasnya atau nama AS nya, seperti contoh diatas $res3['c'].

Baris 51 adalah kode untuk memulai sebuah session pada suatu halaman web.

Baris 52 adalah kode pengkondisisan atau pengecekan session, yang mana jika session nya bernulai true atau ada maka tombol logout Baris 53 akan ditampilkan pada browser, tapi jika sessionnya tidak ada atau false, tidak ada aksi  karna kode tersebut hanya akan dijalankan ketika  sebuah session bernilai true atau ada. Session ini biasanya didapatkan ketika sudah login, pada tutorial ini tidak dijelaskan mengenai pembuatan login karna sudah dibahas sebelumnya, untuk melihat tutorial pembuatan login atau session bisa diliha Disini.

 4. Buat file vooting.php, difile ini adalah proses untuk vooting atau pengumpulah suara. Berikut Scriptnya :
Baris 3 untuk Memulai session.

Baris 4 untuk pemanggilan file koneksi.php yang dibutuhkan saat melakukan perintah query.

Baris 6 adalah  Proses penyimpan data $_GET['nama'] pada variabel $program, $_GET['nama'] didapat dari link yang berada pada file index.php yaitu vootin.php?nama='tergantung nilainya di file index.php'.

Baris 7 adalah Proses penyimpanan Session pada variabel $id_user.

Baris 9  adalah proses pengkondisian atau pengecekan apakah $id_user atau session nya ada atau tidak jika tidak maka akan di alihkan ke file login.php yang berada pada folder login(Baris 10). Kenapa dialihkan ke login terlebih dahulu, supaya saat proses vooting hanya bisa memilih satu kali.

Baris 11 adalah kode yang dijalankan ketika sebuah session bernilai true atau session nya ada. kemudian melakukan query manmpilkan data berdasarkan $id_user atau nilai dari session nya (Baris 12 dan 13)

Baris 15 adalah proses pengecekan dari query pada baris 12,13. Yang mana data tersebut di hitung apakah ada atau tidak dengan perintah count($cek) >= 1, yang artinya, data yang ditampilkan jumlah nya 1 atau besar dari 1, jika ada maka kode ini yang akan di jalankan dan mengeluarkan pemberitahuan pada Baris 16 s/d 18.

Baris 19 adalah proses yang di jalankan ketika lolos dari kondisi pertama pada Baris 15, disini ada bebrapa proses pada Baris 20 adalah proses penyimpanan data pada tabel vooting,
Baris 21 adalah proses penghancuran session atau penghapusan session yang telah dibuat pada saat login.
Baris 22 adalah proses pengalihan halaman secara otomatis, dari kode di atas akan di alihkan kehalaman index.php.

Untuk Source Code nya bisa di Download Disini

Itulah kurang lebihnya Tutorial Membuat Aplikasi Vooting Sederhana Menggunakan Pemograman PHP dan Database MySql. Jika ada yang ditanyakan silahkan komentar pada kolom komentar dan jangan lupa kritik dan saranya untuk kemajuan titikk0ma.blogspot.co.id,

Terimakasih sudah mampir....

No comments:

Post a Comment