Monday 5 March 2018

Tutorial Membuat Aplikasi Penggajian Karyawan dengan Menggunakan PHP


Pembahasan selanjutnya dari titik0ma.blogspot.co.id yaitu tentang pembayaran Gaji Karyawan. Sama seperti pembayaran Gaji seperti biasanya, cuma pada artikel sekarang ini membahas mengenai sebuah Program atau aplikasi mengenai pembayaran gaji. Perhitungan Gaji Biasanya dilakukan secara manual dengan alat tulis atau kalkulator terutama yang menggunakan penggajian Perjam, tentu saja banyak waktu yang terpakai atau terbuang hanya untuk menghitung berapa jam dan berapa gaji yang harus diterima para karyawan, belum lagi tambahan-tambahan lainya seperti gaji lembur, tunjangan, uang perjalanan, tambahan prestasi dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada cara untuk agar proses penggajian berjalan cepat dan waktu juga tidak banyak terbuang. Program mungkin adalah salah satunya yang bisa digunakan, karna dengan program akan membuat suatu pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan juga kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi sebelumnya kemungkinan tidak akan terjadi seperti salah hitung saat proses penggajian.

Download terlebih dahulu bahan-bahan yang di butuhkan di bawah ini :

Download Notepad++ DiSini
Download Sublime Text 3 DiSini
Download Xampp DiSini

1. Langkah pertama buat sebuah folder didalam C:\xampp\htdocs, sebagai contoh C:\xampp\htdocs\b\gaji_karyawan.

2. Buat file pada folder project tadi index.php, Berikut Scriptnya :

3. Selanjutnya buat file proses.php untuk memproses form dari file index.php, Berikut Scriptnya :

Baris 3, 4 dan 5 adalah proses inisialisasi atau pembuatan variabel untuk menyimpan data yang dikirim dari form pada file index.php.

Baris 7 s/d 17 adalah proses atau kondisi menentukan gaji perjam untuk masing-masing jabatan. untuk kata sekretaris, bendahara, marketing, produksi, akuntan(memang tidak di buat tapi posisinya pada baris 15) adalah value dari tag <option value="nama valunya">.

Baris 19 s/d 25, proses untuk menentukan jam kerjanya apakah melebihi syarat atau tidak, di atas untuk jam kerjanya di setting 200 jam, jika melebihi 200 jam maka lebihnya akan dihitung sebagai lembur.

Baris 27 untuk menentukan gaji yang didapatkan karyawan tanpa ada tambahan apapun.

Baris 29 untuk menghitung gaji lembur karyawan.

Baris 31 adalah Proses untuk menentukan berapa banyak gaji yang harus diberikan kepada karyawan.

Download Source code DIsini

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, jika ada yang ditanyakan silahkan komentar pada kolom komentar dan jangan lupa kritik dan saranya aga kedepanya titikk0ma.blogspot.co.id menjadi lebih baik.

Terimakasih sudah mampir...

No comments:

Post a Comment